Join Our Academic Program (SMP)

 

SMP

 

Pembelajaran di SMP Al-Jannah menggunakan beberapa metode yang menarik dan memfasilitasi siswa yang memiliki keberagaman kecerdasan. Hal ini penting sekali untuk tidak menimbulkan kebosanan dalam belajar. Siswa senantiasa aktif sedangkan guru sebagai fasilitator dan motivator bagi mereka.

Adapun metode pembelajaran yang kami gunakan sbb:

  1. Ceramah dan Tanya jawab Sebelum kepada materi pembelajaran, guru terlebih dahulu menyampaikan kompetensi apa yang ingin dicapai oleh siswa setelah proses pembelajaran. Kemudian guru memberikan motivasi belajar siswa melalui beberapa cara yaitu : Manfaat yang diperoleh dari materi yang akan dipelajari Cerita/ kisah atau pengalaman dalam kehidupan yang berhubungan dengan materi (disampaikan dengan cara yang menarik Akibat atau kerugian jika tidak menguasai materi pelajaran Selanjutnya guru menyampaikan inti materi pembelaran melalui presentasi yang dilanjutkan dengan Tanya jawab (diskusi) yang bertujuan untuk mengecek pemahaman siswa tentang materi yang telah disampaikan.Biasanya metode ini untuk penyampaikan materi di pertemuan awal dalam setiap kompetensi dasar.Kegiatan terakhir adalah guru bersama siswa membuat kesimpulan atas materi dan guru memberikan evaluasi (bisa dalam bentuk tes lisan, tulisan maupun tugas)
  2. Pembelajaran Berkelompok (Kooperatif) Pembelajaran Kooperatif adalah pembelajaran yang mengharuskansi siswa untuk bekerja dalam suatu tim untuk menyelesaikan masalah,menyelesaikan tugas, atau mengerjakan sesuatu untuk tujuan pembelajaran . Model kooperatif merupakan model pembelajaran yang memfasilitasisiswa untuk mencapai kompetensinya dengan menekankan kerjasama antar siswa. Setelah siswa diberikan penjelasan teori pengetahuan sesuai dengan mata pelajaran, maka untuk memperdalam pengetahuan tadi guru memberikan tugas kelompok.Dalam menyelesaikan tugas kelompok siswa diharapkan dapat Bekerja sama dalam satu tim Menghargai pendapat anggota kelompok Menumbuhkan interaksi sosial (dapat menerima berbagai keragaman kemampuan akademik, latar belakang, karakter, dsb  Menumbuhkan sikap saling percaya  Berani untuk mempresentasikan hasil keja kelompok. Siap untuk menerima masukan saran dan kritikan dari guru maupun kelompok lainnya. Menumbuhkan jiwa leadership/ kepemimpinan siswa melalui pengangkatan ketua kelompok yang bertanggung jawab memimpin anggota kelompoknya.
  3. Permainan Permainan dirancang oleh guru sedemikian rupa sehingga materi pelajaran dapat difahami siswa walaupun mereka dalam keadaan bermain. Kegiatan dapat berupa : tebak-tebakan, cerdas cermat, mencari jejak, menghubungkan kata-kata, dsb. Metode games biasanya sangat menarik minat siswa