Anak Kelas 1 SD Belajar Berdagang

Dagang adalah sebuah keterampilan, yang dapat dikuasai dengan proses pembiasaan (habit). Semakin terbiasa berdagang seseorang, maka semakin mahir/terampil ia berdagang.

Pernah lihat anak kecil hidup di lingkungan pedagang?

Rumahnya berupa ruko, yaitu rumah sekaligus toko. Sejak bangun tidur hingga tidur lagi, ia sudah biasa melihat orangtua dan saudaranya buka toko, melayani customer, negosiasi dengan supplier, mendisplay barang, menghitung uang, dsb. Bahkan pada kadar tertentu ia pun ikut terlibat di dalam aktivitas-aktivas tersebut.

Maka, tak heran bila sejak kecil/muda ia sudah terampil berdagang. Karena lingkungan dan aktivitasnya telah membiasakan dirinya berdagang. Baik ia sukai atau tidak, mental dan keterampilan dagang akan ter-install dalam dirinya.

Lalu, bagaimana mengajarkan dagang kepada siswa level 1 SD atau anak kecil (usia 7-8 tahun) di sekolah?

SD IAS Al-Jannah punya program Market Day. Semestar lalu siswa level 1 sudah melakukannya. Hasil penjualannya disumbangkan kepada Cinta Quran Foundation.

Rabu 12 Februari 2020, mereka melakukan kegiatan Market Day lagi. Hasil penjualannya dibawa pulang ke rumah. Penekanannya, untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur, rasa tanggung jawab, kedisiplinan, dan keberanian.

Barang dagangan ada yang berupa makanan, minuman, alat tulis, atau mainan. Siswa bersama orangtuanya yang mengkalkulasi untuk menentukan jenis barang dan harganya agar laku (laris) dan untung. Harapannya, jiwa entrepreneur benar-benar dapat tumbuh.

Selain itu, siswa juga melakukan pelabelan harga pada barang, display dan proses jual belinya. Mereka diminta untuk bertanggung jawab atas barang dagangannya masing-masing. Guru-guru membantu mendata supaya nantinya mudah membagi hasil penjualannya.

Pukul 09.15 kegiatan Market Day dimulai, riuh rendah suara siswa bersemangat menawarkan barang dagangan. Baik kepada pengunjung yang menghampiri booth-nya, maupun berkeliling untuk menjual barang dagangannya.

Pukul 10.15 kegiatan Market Day usai. Siswa kembai ke kelas untuk menghitung hasil penjualannya. Siswa akhirnya merasakan jerih payah kegiatan Market day ini. Jerih payah yang mungkin biasa dilakukan oleh orang dewasa, atau orangtuanya sendiri.

#sekolahIslam
#sekolahAlam
#sekolahSains
#marketDay
#pestaIlmu
#IASparty
#sekolahAljannah

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *