Apa Kata Siswa? Tentang Program Magang SMP

 

ERESTROI (KELAS 7B)

Ini kali pertama aku magang dan aku sangat senang. Karena menambah poin reward dan mendapat pengalaman baru. Aku dan teman-teman magang di “King Bread” milik kakak SMA IAS Al-Jannah.

Selama tiga hari (16-18/12/2019) kami belajar membuat roti. Ternyata tidak mudah, ya. Tapi, Alhamdulillah, kakak-kakak SMA mengajari kami dengan sabar sampai kami bisa.

Bangga rasanya dapat menyajikan snack “King Bread” dari jerih payah kami kepada teman-teman di SMP selama tiga hari. Bahkan kami juga belajar menjual roti di sekolah.

DIAJENG (KELAS 8A)

Selama di SMP IAS Al-Jannah, aku telah mengikuti program magang sebanyak 3 kali. Pertama, aku magang di Humas Al Jannah (saat di kelas 7 semester 1). Rasanya asyik benget. Aku belajar tentang skill mengedit naskah, juga belajar tentang tanggung jawab.

Kedua, aku magang di Toko Bakery Bun (saat di kelas 7 semester 2). Aku belajar membuat adonan roti dan berlatih cooking skill. Di sini aku juga belajar disiplin di samping bersikap santun.

Ketiga, aku magang di SDN Harjamukti 01 (bulan Desember 2019). Deg-degan, rasanya! Karena aku harus melakukan public speaking. Walaupun hanya di depan siswa SD, aku juga harus bersikap sopan, mandiri dan menjaga nama baik Sekolah Al-Jannah. Tapi aku tetap senang menjalaninya.

ADELYA AMEERA (KELAS 8A)

Saya dan teman-teman sudah tiga kali magang di dunia kerja. Tiga kali magang di tempat yang berbeda dengan jenis usaha yang berbeda pula.

Pertama, saya magang di PT Inspirasi Karya Ilhami. Rasanya senang sekali, tapi lama-lama biasa saja. Pekerjaan di sini sulit untuk dilakukan saya dan teman-teman.

Kedua, saya magang di Toko Bakery Bun. Awalnya terasa biasa saja tapi pada hari kedua terasa lebih menyenangkan. Apalagi saya bisa praktik langsung membuat aneka roti yang lezat.

Ketiga, saya magang mengajar di hadapan adik-adik SDN Harjamukti. Menyenangkan sekali, karena mereka sangat antusias mengikuti saya mengajar.

Dari magang-magang tersebut, saya mendapatkan banyak nilai positif. Misalnya, saya belajar menghormati orang yang lebih tua, apapun pekerjaannya. Saya juga belajar berinteraksi dan bekerja sama dengan orang lain, disiplin waktu dan tanggung jawab.

Leave Comment

Your email address will not be published.