Islamic HOTS


Hari ini (24/10/2019) guru-guru Al-Jannah training bersama Ust. Mustafa Yamin, M.Ed. di gedung aula Inklusi tentang Higher Order Thinking Skills (HOTS). 
Menariknya, pembahasannya tidak sekadar HOTS! Bukan HOTS biasa! Lantas?

  • Alhamdulillah, kami Sekolah IAS Al-Jannah bersyukur karena memiliki kemandirian dalam mengembangkan kurikulum. Selain Kurikulum Nasional, kami juga memiliki kurikulum khas Al-Jannah yang berpijak pada pilar Islam, Alam dan Sains. Materi-materi pembelajaran yang dikembangkan selalu bermuatan Islam, tidak sekuler.

 

Oleh karena itu, soal-soal HOTS yang ditrainingkan hari ini tidak gersang dari nilai-nilai Islam. Bahkan selalu dikaitkan dengan akidah, yaitu keberadaan Allah SWT, Sang Pencipta kehidupan ini. Sehingga diharapkan meningkatkan keimanan dan ketakwaan, termasuk dapat menambah (rasa dan amal) syukur, sabar, ikhlas, adil, kreatif, dsb.

  • Dengan demikian, siswa diharapkan akan terbiasa menjawab persoalan hidup (karena learning for life), bukan sekadar persoalan ujian sekolah (karena learning for school). Orientasinya dunia dan akhirat, karena juga learning for after life.

Leave Comment

Your email address will not be published.