Kegiatan Talent Activity di SD IAS Al-Jannah

Al-Jannah menyiapkan Pemimpin Taqwa dan Kreatif

Kegiatan Talent Activity di SD IAS Al-Jannah

Setiap orang dilahirkan dengan segala kelebihannya termasuk dengan bakat yang melekat. Akan tetapi, jika bakat pada diri seseorang tidak tergali, bisa jadi orang tersebut tidak akan mengetahui bahwa ia memiliki bakat tertentu. Begitupun dengan siswa, mereka juga memiliki bakat yang luar biasa yang harus diasah dan dikembangkan.

Contoh ada siswa yang kurang suka belajar matematika, tetapi ia sangat mahir menggambar. Bisa dikatakan ia memiliki bakat dibidang seni. Ada siswa yang jago bermain bola, ada siswa yang suka menulis, ada siswa yang jago matematika dan lain sebagainya. Hal ini merupakan potensi yang harus digali dan diasah supaya lebih berkembang.

Di SD IAS Al Jannah untuk mengembangkan minta dan bakat siswa dibuat program pengembangan Minat bakat dengan menyediakan kegiatan Talent Activity. Kegiatan Talent Activity adalah kegiatan yang dapan menstimulus setiap bakat siswa dengan mengikuti kegiatan yang sesuai dengan masing masing bakat siswa, kegiatan ini dilakukan setiap Kamis seperti menari, menulis, photo graphy, desain grafis, publik speaking dan masih banyak lagi.

Selain itu guru menggali minat dan bakat melalui pengamatan terhadap siswa, guru mencoba mengobservasi setiap siswa dari kegiatan kegiatan yang dilakukan siswa disekolah, guru memperhatikan siswa apakah siswa senang dan mudah dalam melakukannya, atau tidak senang dan tidak mudah dalam melakukannya, atau senang namun tidak mudah dalam melakukan, atau tidak senang namun mudah dalam melakukan nya pada saat pembelajaran berlangsung.

Setelah guru melakukan pengamatan, guru akan mencatat hasil pengamatan di lembar pengamatan minat dan bakat yang nantinya akan dikonsultasikan kepada orangtua untuk bersama mengetahui cara mendidik mengembangkan potensi bakat setiap siswa, dan lebih tepat mengarahkan kegiatan siswa sesuai bakat.

Adapun indikator yang menjadi pengamatan meliputi 4E yaitu Enjoy, Easy, Excellent dan Earn. Akan tetapi untuk siswa SD IAS Al Jannah baru pada kategori Enjoy dan Easy.

Semoga dengan mengetahui minat bakat sejak dini akan mudah mengarahkan secara tepat pengembangan potensi siswa.

minat

bakat

minatbakat

potensi

kreatif

inovatif

sekolahalam

sekolahislam

sekolahsains

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *