Luruskan Niat

Kajian rutin Guru dan Staf Al-Jannah telah berlangsung (28/2/20) di Aula masjid Salamah. Ust. Syuhada Bahri pada kesempatan ini mengingatkan akan pentingnya meluruskan niat.Untuk itu, kita wajib mengetahui visi manusia (muslim) yaitu kembali ke surga sebagai kampung akhiratnya.

Karenanya, kita wajib mengetahui tiga misinya, yaitu:

1. Beribadah kepada Allah SWT. Karena manusia diciptakan oleh Allah SWT untuk beribadah kepadaNya. Maka, seluruh perbuatan kita harus bernilai ibadah. Tidak boleh ada yg menyimpang. Harus sesuai cara, waktu dan tempatnya.

2. Khalifah fil-ard. Mampu mengelola hidup dan kehidupan manusia sesuai dengan aturan Allah. Baik hubungan kita dg Allah, sesama, binatang, tanaman dan lingkungan.

Bila niatnya lurus (benar), maka ketika Guru mengajar akan mendapatkan dua keuntungan. Yaitu salary dan pahala mengalir.

Inilah keistimewaan profesi guru. Karena mengajarkan ilmu yg bermanfaat, maka seorang guru akan mendapatkan pahala (mengalir) dari para murid yg menjalankan ilmu darinya. Apalagi muridnya ada yang menjadi guru juga, maka ilmunya akan mengalirkan pahala lebih banyak lagi.

3. Dakwah. Kegiatan dakwah merupakan upaya penyelamatan manusia dari kehancuran di dunia dan dari jilatan api neraka. Aktivitas guru haruslah dalam rangka dakwah membina akhlak mulia dan life skill kepada siswa. Sehingga kelak dapat mengelola dunia dengan baik dan benar.

Dengan demikian, jadi guru harus ikhlas. Agar di dunia mendapat keberkahan hidup karena yg dikejar adalah ridha Allah. Di akhirat pun akan memanen pahala.

Kita harus menyadari bahwa yang memberikan rezeki itu Allah. Jangan sampai melupakan Allah, ketentuanNya, dan bahkan melanggar sehingga di dunia tidak mendapatkan keberkahan dan di akhirat mendapatkan siksa. Na’udzu illah min-dzalik

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *