Mabit Mengurus Jenazah

 

Mabit rutin setiap bulannya dengan tema yang berbeda, menjadi recharge energi tersendiri bagi siswa SMA IAS Al-Jannah. Penguatan aqidah dan pembiasaan ibadah khusus (seperti tahajud, dll) selalu dilakukan pada program ini.

Pada mabit kali ini (27-28/02/20) mereka belajar mengurus jenazah. Kegiatannya dimulai dengan nonton bareng video tentang tata cara pengurusan jenazah yang benar dan mendengarkan kultum temanya, yaitu Arsya dan Abdillah. Ketika masuk waktu maghrib, siswa melakukan buka puasa bersama. Berlanjut dengan shalat Maghrib berjamaah, makan malam dan shalat Isya berjamaah.

Kegiatan praktik pengurusan jenazah.dilakukan setelah Isya sampai pukul 21.15. Siswa belajar memandikan, mengkafani, dan menshalati. Adapun penguburannya sedianya hendak melihat langsung praktiknya di TPU Pondok Ranggon setelah salat Subuh. Tapi karena hujan, maka kegiatannya diganti dengan menonton film.

=========

Kematian adalah sesuatu yang pasti. Kematian adalah qodarullah. Kita harus siap saat itu tiba, kepada diri kita atau keluarga terdekat kita.

Jikalau orangtua yang pergi mendahului maka mengurus jenazahnya termasuk bakti anak kepadanya. Jangan sampai anak tidak tahu apa yang seharusnya dilakukan dan menyerahkan kepengurusannya kepada orang lain.

Semoga remaja SMA IAS Al-Jannah menjadi anak saleh-salihah yang berbakti, aamiin….

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *