Manfaat Berkunjung Ke Kebun Binatang

Kunjed ke kebun binatang? Hanya untuk melihat binatang? Kan bisa melihatnya di TV atau video?

Ternyata ada juga anak yang berpikir kritis seperti itu. Dan ternyata juga tidak mudah menjawabnya dengan bijak. Inilah tantangan bagi kami dalam menghadapi siswa yang kritis dan berpengetahuan lebih maju dari yang lain.

“Ayo rasakan bedanya, melihat langsung dengan melalui video atau TV! In-syaa Allah, kamu akan menemukan jawabannya setelah kunjed” Itulah jawaban untuk memotivasinya.

Ya, siswa kelas 2 pada hari Selasa (11/2/20) melakukan kunjed ke Kebun Binatang Ragunan. Mereka diminta untuk mengamati jenis binatang, habitat dan jenis makanannya. Hanya untuk 15 binatang saja.

Bagaimana hasilnya?

Alhamdulillah, siswa cukup antusias. Bahkan, setelah menyelesaikan tugasnya (sebatas 15 jenis binatang) mereka minta lagi, melihat koleksi binatang lainnya. Di antara 100 siswa yang ada, terdapat 7 siswa ABK yang ternyata juga tidak kalah antusiasnya.

Bahkan ada seorang anak yang awalnya tidak mau ikut karena dia tidak mau melihat binatang. Tapi, setelah melihat satu kandang binatang, siswa tersebut malah penasaran ingin melihat tempat (binatang) lain.

Mereka merasakan gregetnya saat melihat binatang secara langsung. Mereka bisa membandingkan ukuran (tinggi, panjang dan besar)  binatang yang dilihatnya dengan ukuran badan/dirinya atau ukuran binatang lainya.

Mereka juga lebih bisa merasakan seramnya harimau dan binatang buas lainnya saat berdekatan. Begitu pula lucunya monyet, menakutkannya ular, indahnya burung, dan sebagainya sangat dirasakan saat melihatnya secara dekat.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *