Memaknai Hardiknas Saat Pandemi

Menurut teman-teman, bagaimana kalian memaknai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di saat pandemi Covid-19 dan bulan suci Ramadhan?

Berikut ini siswa-siswi SMP IAS Al-Jannah memaknainya. Intinya, mereka menginginkan nilai- nilai karakter (peduli, tanggung jawab, mandiri, dsb) tertanam di dalam dirinya. Caranya bagaimana?

Mereka membantu orangtuanya dalam menjaga kebersihan dan kesehatan di lingkungan rumahnya, dan membantu menyiapkan menu buka puasa.

Mereka juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada orangtuanya sebagai pendidik utama, terlebih di saat pandemic Covid-19 ini. Selain itu, mereka juga berbagi makanan ifthor (buka puasa) kepada driver ojol. “Hemn…, kenapa driver ojol ya?”

Ya, para driver ojol-lah yang masih berseliweran di jalanan sekitar rumahnya. Di saat orang lain #StayAtHome untuk menjaga kesehatan, justru mereka keluar rumah berjuang demi menafkahi anak-istrinya dengan mempertaruhkan kesehatannya sendiri.

Mereka pula yang selama ini berjasa mengantarkan sebagian siswa ke sekolah. Sehingga perannya cukup penting bagi keberlangsungan dan kesuksesan pendidikan anak-anak. Wuihh, benar juga ya….

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *