Di Balik Suksesnya Event Jifest 2019

Kita semua tentu paham bahwa keberhasilan penyelenggaraan Jifest 2019 ditunjang oleh keterlibatan semua guru dan siswa yang menjadi panitia.

Namun, ada sisi lain yang luput dari perhatian orang dan hampir tak tertangkap dengan kamera. Justru, sisi lain inilah yang menunjukkan sebuah keberhasilan pembelajaran yang sesungguhnya. Apakah itu?

Ialah #kerja_keras_siswa SMP dan SMA yang menjadi panitia Jifest. Sebuah pembelajaran karakter yang tidak mereka temukan di dalam pembelajaran akademik biasa.

Kerja keras mereka mulai dari mencari #sponsorship, mendatangi sekolah-sekolah untuk mencari #peserta_lomba#manajemen acara, #inisiatif melakukan berbagai hal (seperti angkat-angkat/menata meja-kursi, dsb) di hari H bahkan di luar jobdesc mereka. Pembelajaran karakter dan skill inilah yang sangat diperlukan dalam kehidupan mereka kelak.

Begitu pula, tanpa mereka sadari sebenarnya banyak pembelajaran lain yang mereka dapatkan dari perhelatan Jifest ini. Antara lain, mereka belajar #marketing, komunikasi dan negosiasi dalam menyampaikan proposal kepada orang-orang yang belum mereka kenal, kerja #team_work yang solid dalam kepanitiaan, mengambil #inisiatif atas kondisi di luar rencana, tumbuhnya #tanggung jawab atas beban kerja, berfikir #kritis_dan_kreatif untuk membuat acara yang impresif dan semarak dengan dana dan sumber daya yang terbatas.

Inilah sisi lain di balik suksesnya event Jifet 2019. Selamat ya, teman-teman SMP dan SMA…. #Baarakallahu_fiikum!

Leave Comment

Your email address will not be published.